Buku Kegiatan Ramadan Tingkat SD, SMP, SMA dan SMK

Buku Kegiatan Ramadan Tingkat SD, SMP, SMA dan SMK - Setiap tiba datangnya Bulan Ramadhan beberapa program sekolah yang sering diterpkan kepada peserta didik yaitu sebuah buku agenda kegiatan Ramadhan. Dimana setiap kegiatan yang disusun oleh satuan pendidikan (Sekolah) merupakan tugas siswa selama satu bulan penuh untuk menjalankan ibadah puasa serta beberapa tugas lainnya.

Download Buku Kegiatan Ramadhan File Word Bisa diedit

Dengan adanya buku tugas kegiatan Ramadhan yang nanti akan dibagikan kepada siswa di dalam bentuk buku kegiatan tersebut ada beberapa tugas yang memang setiap buku kegiatan Ramadhan memiliki beberapa perbedan tergantung buku yang disusun oleh Sekolah.

Secara Umum untuk tugas kegiatan dibulan ramadhan antara lain:

1. Ringkasan isi Ceramah selama bulan Ramadhan

2. Pelaksanaan Sholat Wajib

3. Pelaksanaan Sholat Tarawih

4. Pelaksanaan Sholat Fardhu

5. Pelaksanaan Sholat Jumat

6. Pelaksanaan Tadarus Al Quran

Dengan demikian setiap kegiatan peserta didik selama bulan ramadhan dapat terkontrol dan dengan adanya buku kegiatan tersebut. Disini bisa terlihat kerja sama dengan orang tua siswa agar bisa melaksanakan kegiatan buku kegiatan ramadhan sesuai dengan tugas yang telah dibuatkan pada Buku Kegiatan Ramadhan Buku Kegiatan Ramadan Tingkat SD, SMP, SMA dan SMK.

Pengertian Puasa.

Puasa adalah suatu tindakan atau amalan berupa menahan diri dari makan, minum, dan hubungan suami istri dari terbit fajar hingga terbenam matahari dalam jangka waktu yang telah ditentukan. Dalam bahasa Arab, puasa disebut dengan "sawm". Sedangkan dalam bahasa Indonesia, kata puasa berasal dari bahasa Arab "sawm" yang berarti menahan diri dari makan dan minum. Selain itu, puasa juga dapat diartikan sebagai suatu bentuk pengendalian diri dalam hal berbicara, berbuat, dan membatasi aktivitas-aktivitas tertentu untuk mencapai tujuan spiritual.

Perintah dan Keutamaan dari Puasa.

Berikut Ayat Al-Baqarah 183-184 adalah ayat yang membahas tentang kewajiban berpuasa dalam agama Islam, yang diwajibkan pada bulan Ramadan. Berikut terjemahan dan penjelasan dari kedua ayat tersebut:

183. Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.

Arti: Allah SWT memerintahkan umat Islam untuk berpuasa pada bulan Ramadan, dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran spiritual dan menguatkan keimanan mereka. Puasa juga diwajibkan pada umat-umat terdahulu, sebagai bagian dari upaya mereka untuk mencapai ketakwaan.

184. (Puasa itu) beberapa hari tertentu. Maka barangsiapa di antara kamu ada yang sakit atau sedang dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu pada hari-hari yang lain. Dan bagi orang-orang yang berat menjalankannya (boleh berbuka), dengan membayar fidyah, yaitu memberi makan seorang miskin. Barangsiapa yang dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan, maka itulah yang lebih baik baginya. Dan berpuasa lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.

Arti: Ayat ini menjelaskan bahwa puasa pada bulan Ramadan wajib dilaksanakan oleh semua orang Islam yang sehat dan tidak sedang dalam perjalanan. Namun, jika seseorang sedang sakit atau dalam perjalanan, maka mereka diizinkan untuk tidak berpuasa dan harus menggantinya pada waktu lain. Orang yang memilih untuk tidak berpuasa harus membayar fidyah, yaitu memberi makan seorang miskin. Namun, lebih baik jika seseorang dapat menyelesaikan puasa dengan baik dan memilih untuk berpuasa secara sukarela.

Sabda Nabi Muhammad SAW:

Yang Artinya: “Barang siapa yang berpuasa pada bulan ramadhan dengan keimanan dan mengharap kerihloan Allah, maka akan diampuni dosa-dosanya yang terdahulu” (HR. Bukhori-Muslim)

Firman Allah dalam Hadist Qudsi

Artinya: “ Puasa itu untuk-Ku dan Aku langsung membalasnya, orang yang berpuasa mendapatkan dua kesenangan,yaitu kesenangan ketika berbuka puasa dan kesenangan ketika berjumpa dengan Tuhannya. Sungguh, baumulut orang berpuasa.

Hadist Tentang Puasa.

Berikut adalah beberapa hadis tentang puasa:

  • Dari Abu Hurairah, ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Barangsiapa berpuasa di bulan Ramadan karena iman dan mengharapkan pahala dari Allah, maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu." (HR. Bukhari dan Muslim)
  • Dari Abu Hurairah, ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Barangsiapa tidak meninggalkan perkataan dusta dan perbuatan yang sia-sia, maka Allah tidak membutuhkan dia meninggalkan makanan dan minumannya." (HR. Bukhari)
  • Dari Abdullah bin Umar, ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Puasa dan membaca Al-Qur'an adalah dua kebahagiaan yang tidak akan hilang." (HR. Hakim)
  • Dari Abu Hurairah, ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Ada tiga orang yang doanya tidak tertolak, yaitu orang yang berpuasa sampai ia berbuka, pemimpin yang adil, dan doa seorang yang dizalimi." (HR. Tirmidzi)
  • Dari Abu Sa'id Al-Khudri, ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Setiap amalan anak Adam dilipatgandakan, kecuali puasa. Puasa adalah untuk-Ku dan Aku yang akan memberikan pahalanya." (HR. Bukhari dan Muslim)

Dari hadis-hadis di atas, kita dapat memahami bahwa puasa merupakan amalan yang sangat dianjurkan dalam Islam. Puasa dilakukan untuk mengharapkan pahala dari Allah SWT dan untuk meningkatkan keimanan serta ketaqwaan kita kepada-Nya. Selain itu, puasa juga dapat membersihkan jiwa dan tubuh dari dosa-dosa serta memperkuat rasa sabar dan ikhlas dalam menjalani kehidupan.

Baiklah, tanpa panjang pembahasan, bagi yang membutuhkan silahkan Buku Kegiatan Ramadan Tingkat SD, SMP, SMA dan SMK melalui link yang sudah kami siapkan dibawah ini.

Buku Kegiatan Ramadhan Versi 1 (Download)

Buku Kegiatan Ramadhan Versi 2 (Download)

Buku Kegiatan Ramadhan Versi 3 (Download)

Buku Kegiatan Ramadhan Versi 4 (Download)

Demikianlah dari artikel yang kami bagikan tentang Buku Kegiatan Ramadan Tingkat SD, SMP, SMA dan SMK, Semoga Bermanfaat. Sekian dan terimakasih.

Sumber: www.bestnyadownload.or.id

Tidak ada komentar untuk "Buku Kegiatan Ramadan Tingkat SD, SMP, SMA dan SMK"